Poktan PARA AMEDALU dengan empat Subsektor Pertanian

 Potensi Pertanian Poktan Para Amedalu
Areal Persawahan Poktan Para Amedalu (Dok. Thn 2015)
Konawe, PK.
Kelompok Tani Para Amedalu yang terletak kaki bukit hamparan Amedalu Keluarahan Lawulo Kecamatan Anggaberi Kabupaten Konawe ini memiliki potensi yang luar biasa dengan luasan areal sekitar  55 Hektar dengan jenis usaha pertanian meliputi empat subsector pertanian, Persawahan, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan.

Hamparan Kelompok Tani Para Amedalu boleh dikatakan tidak pamiliar bagi para
penyuluh lapangan karena belum ada satu orang pun yang melihat lokasinya, namun anggota dan pengurus kelompok selalu kompak dan optimis dengan usaha pertaniannya.

Pembuatan Kolam budidaya ikan air tawar
Hamparan Kelompok Tani Para Amedalu berjarak sekitar 2,5 Km dari kantor Kelurahan Lawulo, namun sekitar 1 km dari jalan kecamatan ke lokasi belum ada akses jalan yang baik dan memadai, kondisi jalannya ketika musim penghujan medannya cukup berat karena kebanyakan titik berlumpur. Potensi yang dimiliki Para Amedalu Meliputi 25 Ha areal persawahan, 5 Ha Empang Ikan air tawar, 10 Ha Rens Peternakan Sapi dan 15 Ha areal perkebunan.


Kerja Bakti
Angkut tiang untuk pagar Areal persawahan
Swadaya atau yang lebih dikenal dengan bahasa kerja bakti dikalangan petani, itu merupakan bukan hal baru bagi para petani di kelompok tani Para Amedalu, berbagai kegiatan kelompok termasuk pemagaran areal pertanian. Sebab pada hamparan ini masih banyak ternak sapi dan kerbau yang berkeliaran bebas sehingga perlu pemagaran untuk keamanan usaha pertanian terutama tanaman padi sawah.

Kelompok Tani yang di ketuai Aljunar ini merupakan kelompok pemekaran dari
Aljunar, Ketua Kelompok Tani Para Amedalu
Kelompok Tani Konawe Inehe Jaya pada tahun 2011, Aljunar saat di temui di areal persawahan mengatakan bahwa dirinya bersyukur dengan kekompakkan anggotanya dalam melakukan usaha pertanian secara berkelompok, terutama kerja bakti bahkan anggota kelompok sangat proaktif baik memberikan sumbangsih pemikiran maupun pelaksanaan implementasi dari ide-ide anggota.

Komentar